Monday, October 11, 2010

LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Universitas Gunadarma



A.       PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN
Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Oleh kerena itu perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia. Perusahaan tidak bisa berprinsip “semau gue” dalam melaksanakan kegiatannya. Istilah tanggung jawab sosial menunjukkan pertimbangan manajemen terhadap pengaruh-pengaruh sosial disamping juga pengaruh ekonomidari keputusan-keputusannya. Tanggung jawab sosial tersebut mencakup hal-hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek tanpa diskriminasi, dan pemeliharaan lingkungan fisik.
     Pengertian Lingkungan Perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua faktor ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan, dan masyarakat.
    Perusahaan dalam Masyarakat yang Pluralistik
Masyarakat sekarang mempunyai pengaruh yang kuat dan bermacam-macam. Perusahaan sangat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan, dan sikap masyarakat terhadap perusahaansangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut. Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Dalam masyarakat pluralistik, terdapat banyak pusat kekuatan, masing-masing mempunyai sifat mandiri. Hubungan-hubungan yang baik dapat terjadi dengan saling memberi dengan melalui kompromi, bukannyadengan paksaan. Dalam hal ini, pluralism mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.
     Kesan Negatif Tentang Perusahaan
Dari pemberitaan pers yang dapat kita ikuti, banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak, penyelundupan barang, penyogokan kepada pejabat pemerintah, periklanan yang menipu, kebocoran pabrik yang berbahaya, pembayaran-pembayaran yang tidak legal dan sebagainya.

     Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Untuk memperbaiki adanya kesan-kesan negatif dari masyarakat terhadap perusahaan, tentunya perusahaan harus tidak menciptakanmasalah-masalah yang negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakatyang efektif.
B.    LINGKUNGAN FISIK, ENERGI DAN KONSERVASI
Dari masalah-masalah ekonomi dan sosial, salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.di beberapa kota di Indonesia, seperti Jakarta dan Surabaya sudah dirasakan semakin besarnya polusi udara dan air.
     Ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubunganantara manusia dan lingkungannya. Kualitas lingkungan kita sudah semakin menurun. Hal ini terutama disebabkan oleh kombinasidari tiga faktor:
1.      Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2.      Berkembangnya tekhnologi baru
3.      Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi
Hampir setiap orang setuju dengan anggapan bahwakita seharusnya menjaga kondisi lingkungan yang baik secara ekologis. Tetapi pencapaian tujuan ini memerlukan adanya usaha timbal balik yang mugkin tidak selalu kita inginkan.
     Macam-macam Polusi
1. Pencemaran Udara
     Rata-rata orang menghirup udara sebanyak 35 pon perhari. Meskipun belum ada suatu penelitian yang mendalam tentang intensitas polusi udara ini, namun dapat diperkirakan bahwa sebagian besar pencemaran udara diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor. Polusi udara ini menimbulkan dampak negatif yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernpasan.
2. Pencemaran Air
     Cukup banyak kasus pencemaran air di Indonesia yang berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan industri, permukiman, dan lingkungan pertanian. Padatnya pemukiman di suatu daerah juga dapat menjadi sumber polusi air.
3. Pencemaran Sampah Awet
Di daerah perkotaan yang semakin padat penduduknya akan semakin sulit manajemen pembuangan sampahnya. Sering sampah awet sulit mendapatkan pembuagan, ditanampun tidak lekas larut dalam tanah. Di Indonesia data tentang sampah awet ini belum tersedia sehinggatidak kita ketahui volumenya.
     Energi dan Konservasi
Di Indonesia sumber enegi minyak bumi sudah lama digunakan disamping batu bara dan air. Dari sumber energi tersebut kiranya energi matahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hampir tidak ada, biaya murah dan bebas polusi. Setelah terjadi embargo minyak dunia tahun 1973 menyusul perang Arab-Israel, harga minyak terus meningkat dan orang mulai memikirkan cara-cara penghematan dan konservasi energi.
C.    LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
     Alasan-alasan bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah
Pemerintah membiayai pengeluaran dari hasil pemungutan pajak. Alasan-alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat. Di kota-kota besar seperti Jakarta,Surabaya dan sebagainya telah mengalami proses urbanisasi dengan pesat. Alasan lain yang mendorong penduduk berpindah kota adalah keinginan memperoleh pendidikan yang lebih tinggi. Kehidupan kota seperti ini menyebabkan timbulnya masalah-masalah baru diantaranya : perlindungan kebakaran, pengaturan selokan-selokan, penyediaan air minum dsb. Masalah-masalah lain yang perlu mendapatkan perhatian adalah masalah kesehatan, pendidikan, transportasi.
Untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kepada masyarakat, pemerintah telah membangun taman-taman bagi keperluan rekreasi, perpustakaan, museum dan pusat-pusat rekreasi serta kebudayaan yang lain. Beberapa contoh kegiatan yang ditujukan untuk membantu penduduk antara lain : asuransi kesehatan, pembangunan rumah murah yang sehat, pengawasan polusi, serta bantuan kepada pengusaha kecil. Adanya pertambahan penduduk dapat mengakibatkan pengeluaran pemerintah lebih besar.



     Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
Tidak semua pajak yang dipungut oleh pemerintah ditujukan untuk meningkatkan penghasilan. Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah, antara lain :
a. Pajak Tidak Langsung
Pajak tidak langsung dapat dikenakan atas barang-barang seperti rokok, tembakau, minuman keras dsb, yang dibayar oleh importer, produsen, dan pedagang besar. Yang termasuk pajak tidak langsung adalah pajak penjualan impor, cukai, bea masuk dsb
b. Pajak Langsung
Pajak langsung dikenakan langsung atau dipungut pada pembayar pajak. Yang termasuk pajak langsung adalah pajak pendapatan, pajak perseroan dan pajak deviden.
Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari :
• Penerimaan dalam negeri
• Penerimaan pembangunan
Sedangkan seluruh pengeluaran pemerintah dapat dikelompokan ke dalam
• Pengeluaran rutin
• Pengeluaran pembangunan
D. LINGKUNGAN HUKUM
Kebiasaan-kebiasaan, tradisi, peraturan-peraturan, konstitusi dan keputusan-keputusan suatu lembaga merupakan sumber dari system hokum yang berlaku. Hukum yang ada di Indonesia dpat dikelompokan ke dalam hukum public dan hukum privat .
    Hukum Publik
Hukum public ini mengatur masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum. Aturan-atran hukum yang dapat dimasukan sebagai hukum public ini antara lain : hukum tata Negara, hukum tata usaha dan hukum pidana.
    Hukum Privat
Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok hyang termasuk ke dalam hukum privat adalah perdata dan hukum dagang.

E. LINGKUNGAN PEMERINTAH
Hubungan antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan menggunakan sumber-sumber ekonomi, yang ditujukan ntuk menciptkan kondisi perekonomian yang sehat. Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk, antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten, serta pengadaan kontrak-kontrak.
    Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kehidupan perusahaan terutama berupa perlindungan atas kekayaan,pengadaan kontrak dan pemberian paten
a. Bantuan di Bidang Transportasi
Pada sektor perkereta-apian, misalnya ; sepenuhnya dikuasai pemerintah yang diatur oleh Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) sektor yang lain misalnya usaha-usaha pemerintah melalui perusahaan seperti Garuda Indonesia Airways di sektor angkutan udara, PELNI si sektor angkutan laut dan DAMRI di sektor angkutan darat
b. Bantuan pada Perusahaan-Perusahaan Kecil
Bantuan kepada perusahaan-perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam 3 golongan, yaitu:
     • Bantuan Finansial
     • Bantuan Pemberian Kontrak
     • Bantuan Teknik dan Management
c. Bantuan di Bidang Komunikasi
Bidang komunikasi yang meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio, televise, telepon dan sebagainya hamper seluruhnya dikuasai dan diatur oleh pemerintah.
F. LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia. Krisis energi yang terjadi sesudah tahun 1973 menyebabkan beberapa Negara pengimpor minyak mengalami kesulitan.


Neraca Pembayaran Internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa Negara ditunjukan dalam neraca pembayarannya suatu konsep penting yang berhbungan dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan. Jika suatu Negara mengekspor barang-barang melebihi impor-nya, keadaan ini menunjukan neraca perdagangan yang menguntungkan dan sebaliknya.
Perusahaan-Perusahaan Multinasional (Multinational Corporation)
Perusahaan-perusahaan multinasional kebanyakan berasal dari Negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang.
Di Eropa telah terbentuk Pasaran Bersama Eropa (PBE) yang terdiri atas Negara-negara Perancis, Jerman barat, Italia, Nederland, Belgia, Luxemburg dan Inggris
Kegiatan-Kegiatan Multinasional
Perusahan-perusahaan multi nasioanl bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya kesatu Negara saja, tetapi juga kenegara-negara lain. Perusahaan-perusahaan multi nasioanal beroperasi di suatu Negara untuk mengembangkan pasarnya secara ekonomis dan berusaha memanfaatkan keadaan politik yang menguntungkan.
Ciri-Ciri Perusahaan Multinasional
Perusahaan multi nasioanal sebagai suat perusahaan yang kegiatan pokonya meliputi usaha-usaha pengolahan atau manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya 2 negara. Dengan definisi ini maka perusahaan multinasional merpakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu.
Lembaga-Lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
Untuk menjual barang keluar negeri atau mengimpor barang dari luar negeri, sering diperlukan adanya lembaga-lembaga perantara. Perantara ini disebut middlemen, dibedakan ke dalam 4 golongan.
a. Export and Import Commission House
Commision House merupakan wakil-wakil dari pembeli dan Export Commission House menerima pesanan dari pembeli-pembeli diluar negeri, kemudian memenuhi pesanan tersebut dan menyelesaikan masalah-masalah pengeksporran .

b. Merchant Exporters and Importers
Merchant Exporters and Importers memperoleh penghasilan dari hasil keuntungan dalam perdagangan, jadi bukannya komisi.
c. Manufacturer’s Export Agents
Export agebts bertindak sebagai department/bagian ekspor dari sebuah perusahaan/produsen atau sekelompok perusahaan bersifat permanen.
`d. Export and Impor Brokers
Makelar (broker) dalam kegiatan ekspor-impor berusaha mempertemukan pembeli dan penjual bersama-sama
■ Perkembangan Impor dan Eksport Indonesia
Setiap tahun sejak 1969 keadaan eksport Indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam nilai dollar. Tetapi mulai periode 1981/1982 keadaan eksport ini mulai mengalami fluktuasi. Nilain impor tanpa minyak mengalami penurunan sejak periode 1982-1983. Hal ini telah menguntungkan bagi Indonesia karena terjadi penghematan devisa. Impor yang dilakukan oleh Indonesia selama ini meliputi 3 macam golongan yakni :
     a. Barang konsumsi
     b. Barang baku dan penolong
     c. Barang modal
selain ketiga golongan barang tersebut, Indonesia juga mengimpor minyak dan gas untuk konsumsi di dalam negeri.

No comments:

Post a Comment