Saturday, November 12, 2011

ORGANISASI DAN MANAJEMEN

A. BENTUK ORGANISASI
• Menurut Hanel
Merupakan bentuk koperasi / organisasi yang tanpa memperhatikan bentuk hukum dan dapat didefiniskan dengan pengertian hokum
• Menurut Ropke
Koperasi merupakan bentuk organisasi bisnis yang para anggotanya adalah juga pelanggar utama dari perusahaan tersebut.
• Di Indonesia
Merupakan suatu susunan tanggung jawab para anggotanya yang melalui hubungan dan kerjasama dalam organisasi perusahaan tersebut.

B. Hierarki Tanggung Jawab
Dalam rapat anggota tugasnya memilih dan memberhentikan pengawas dan pengurus.
• Pengurus
Pengurus memberi kuasa kepada pengelola untuk mengatur dan mengembangkan usaha dengan efisien dan profesional, hubungannya dengan pengurus bersifat kontrak kerja, Diangkat dan diberhentikan oleh pengurus.
Tugas :
1. Mengelola koperasi dan usahanya
2. Mengajukan rancangan Rencana kerja, Budget dan belanja koperasi
3. Menyelenggarakan rapat anggota
4. Mengajukan laporan keuangan dan pertanggung jawaban
5. Maintenance daftar anggota dan pengurus

Wewenang :
1. Mewakili koperasi didalam dan diluar pengadilan
2. Meningkatkan peran koperasi

• Pengawas
Pengawas atau badan pemeriksa adalah orang-orang yang diangkat oleh forum rapat anggota untuk mengerjakan tugas pengawasan kepada pengurus.
Tiga hal penting yang diawasi dari pengurus oleh pengawas, yakni:
(a) keorganisasian;
(b) keusahaan;
(c) keuangan.
Tugas pengawas dalam manajemen koperasi memiliki posisi strategis, mengingat secara tidak langsung, posisi-nya dapat menjadi pengaman dari ketidakjujuran, ketidaktepatan pengelolaan atau ketidakprofesionalan pengurus. Oleh sebab itu menjadi pengawas harus memiliki per-syaratan kemampuan (kompentensi), yaitu:
a) kompentensi pribadi;
b) kompentensi profesional.

UU 25 Tahun 1992 pasal 39 ;
Bertugas untuk melakukan pengawasan kebijakan dan pengelolaan koperasi
Berwenang untuk meneliti catatan yang ada dan mendapatkan segala keterangan yang diperlukan.

C. Pola Manajemen Koperasi
• Perencanaan
Perencanaan merupakan sebuah proses dasar menajemen. Dalam perencanaan manajer harus memutuskan hal-hal yang harus dilakukan.Setiap organisasi memerlukan perencanaan hanya pada pelaksanaannya dibutuhkan penyesuaian-penyesuaian mengingat bentuk, tujuan dan luas organisasi yang bersangkutan. Perencanaan yang baik adalah perencanaan yang bersifat fleksibel karena perencanaan akan berbeda dalam situasi dan kondisi yang berubah-ubah pada waktu yang akan dating,
• Pengorganisasian
Pengorganisasian adalah suatu proses untuk merancang suatu struktur formal, mengelompokkan, mengatur serta membagi tugas-tugas dan pekerjaan diantara anggota organisasi. Hal ini dilakukan agar tujuan organisasi menjadi efisien. Pelaksanaan pengorganiasasian akan mencerminkan struktur organisasi yang mencakup aspek penting dalam organiasasi seperti pembagian kerja.
• Struktur Organisasi
Sebagai pengelola organisasi pasti mengalami berbagai masalah yang harus diselesaikan. Masalah yang paling sulit, timbul dari diri sendiri, yaitu keterbatasan. Keterbatasan pengetahuan paling sering terjadi karena pengurus diangkat oleh dan dari anggota. Pemilihan struktur organisasi koperasi harus disuaikan dengan bentuk usaha, volume usaha dan luas pasar dari produk yang dihasilkan.
• Pengarahan
Pengarahan adalah fungsi manajemen yang terpenting karena setiap orang yang bekerja memiliki kepentingan masing-masing dan berbeda. Agar kepentingan yang berbeda itu tidak saling berbenturan maka pimpinan perusahaan harus mengarahkan anak buahnya agar tujuan perusahaan tetap tercapai.
• Pengawasan
Pengawasan ada suatu usaha sistematik agar kegiatan perusahaan sesuai dengan rencana. Proses pengawasan biasa dilakukan dengan berbagai tahap menetapkan standar, membandingkan kegiatan yang telah dilaksanakan dengan standar yang sudah ditetapkan, mengukur penyimpangan-penyimpangan yang terjadi dan melakukan evaluasi jika diperlukan.



Sumber : http://echadarmaputri.wordpress.com/2010/12/20/bentuk-organisasi-menurut-hanel-ropke-dan-di-indonesia/
http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_4546/title_organisasi-dan-manajemen/
http://www.anneahira.com/manajemen-koperasi.htm

No comments:

Post a Comment